It's me!

Foto saya
ALLAH SWT-- tough; weak; strong; have a dream; have a choice; love a laugh; have a great family; have nice friends; have an ugly cat; pink; blue; beautiful colour; rain drops; sunshine; accounting; writting; STITCH; Fido Dido; and much more

Jumat, 13 April 2012

Tugas 5

UPAYA PEMERINTAH UNTUK MENGATASI KEMISKINAN

Pada tugas kelima ini, saya akan membahas tentang upaya mengatasi maslah kemiskinan. Kemiskinan merupakan masalah utama dalam suatu Negara. Seperti yang kita ketahui arti dari Kemiskinan adalah keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan , pakaian , tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan. Kemiskinan dapat disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar, ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan. Banyak penyebab dari kemiskinan, diantaranya adalah kemiskinan disebabkan oleh pendidikan suatu keluarga, atau karena akibat dari aksi orang lain seperti perang ataupun korupsi. Di setiap Negara, pasti memiliki masalah kemiskinan seperti ini. Perbedaannya hanya dari persentase angkanya saja. Beberapa Negara yang angka kemiskinannya tinggi adalah Kongo, Ethiopia, Madagaskar dan lainnya. Bagaimana dengan Indonesia? Indonesia merupakan Negara yang pendapatan per kapitanya menengah. Walaupun begitu, angka persentase kemiskinan di Indonesia termasuk tidak kecil, yaitu 12,36% pada September, 2011. Pemerintah perlu menangani masalah ini dengan serius agar angka tidak makin bertambah dan akan menghambat proses pembangunan sebuah negara. Berikut upaya yang dapat Pemerintah lakukan untuk mengatasi masalah kemiskinan ini :

Menciptakan lapangan kerja

Pemerintah perlu menambah banyak lagi lapangan kerja yang mampu menyerap banyak tenaga kerja atau dengan menghimbau kepada masyarakat untuk menciptakan lapangan kerja dengan kemampuan dan kreativitas yang dimiliki sehingga mengurangi pengangguran. Karena pengangguran adalah salah satu sumber penyebab kemiskinan terbesar di Indonesia.

Menghapuskan korupsi

Korupsi adalah salah satu penyebab layanan masyarakat tidak berjalan semestinya. Hal ini yang kemudian menjadikan masyarakat tidak bisa menikmati hak mereka sebagai warga Negara sebagaimana mestinya. Sebenarnya sudah sejak lama upaya ini dilakukan Pemerintah, namun baru beberapa tahun lalu Pemerintah lebih gencar dalam menghapuskannya. Tetapi, semakin gencar Pemerintah dalam menghapuskan, semakin banyak orang-orang yang malah melakukan korupsi tanpa ada rasa bersalah. Hukuman yang diberikan untuk yang bersalahpun serperti tidak setimpal dengan apa yang telah dilakukan. Seharusnya Pemerintah memberikan hukuman yang pantas agar aksi korupsi di Indonesia terhapuskan, atau paling tidak menyusut.

Memberikan subsidi pada kebutuhan pokok manusia

Uapaya ini dilakukan agar setiap masyarakat bisa menikmati makanan yang berkualitas. Hal ini akan berdampak pada meningkatnya angka kesehatan masyarakat.

Menggalakkan program dzakat

Di Indonesia, Islam adalah agama mayoritas. Dalam Islam ajaran dzakat diperkenalkan sebagai media untuk menumbuhkan pemerataan kesejahteraan di antara masyarakat dan mengurangi kesenjangan antara si kaya dan si miskin. Sebenarnya, program dzakat ini sudah sejak lama dilakukan setiap tahunnya. Yang membuat program ini kurang terlaksana adalah ketidak-tertiban masyarakat ketika antri dan adanya kecurangan. Terkadang ada warga yang seharusnya mendapatkan bagian, ternyata tidak karena kehabisan. Sebaiknya Pemerintah lebih memperhatikan ketertiban masyarakat ketika antri. Jika bisa dikelola dengan baik akan menjadi potensi besar bagi terciptanya kesejahteraan masyarakat.

Meningkatkan akses masyarakat miskin kepada pelayanan dasar

Fokus program ini bertujuan untuk meningkatkan akses penduduk miskin memenuhi kebutuhan pendidikan, kesehatan, dan prasarana dasar. Beberapa program yang berkaitan dengan fokus ini antara lain :

- Penyediaan beasiswa bagi siswa miskin pada jenjang pendidikan dasar di Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs)

- Beasiswa siswa miskin jenjang Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah (SMA/SMK/MA)

- Beasiswa untuk mahasiswa miskin dan beasiswa berprestasi

- Pelayanan kesehatan rujukan bagi keluarga miskin secara cuma-cuma di kelas III rumah sakit

Menjaga stabilitas harga bahan kebutuhan pokok

Fokus program ini bertujuan menjamin daya beli masyarakat miskin/keluarga miskin untuk memenuhi kebutuhan pokok terutama beras dan kebutuhan pokok utama selain beras. Program yang berkaitan dengan fokus ini seperti :
• Penyediaan cadangan beras pemerintah 1 juta ton
• Stabilisasi/kepastian harga komoditas primer

Meningkatkan partisipasi dan kesadaran masyarakat akan manfaat TIK
Saat ini, apresiasi masyarakat umum akan potensi TIK sebagai alat bantu untuk mengurangi kemiskinan masih sangat rendah. Kesadaran akan potensi TIK untuk penanggulangan kemiskinan harus ditingkatkan dengan melibatkan semua pihak yang berkepentingan (stakeholders). Masing-masing stakeholders melaksanakan peran yang dapat dilakukannya. Lebih jauh, pendekatan ini diharapkan dapat menggugah kaum miskin itu sendiri agar mereka sadar akan eksistensi dan dapat merasakan manfaat/keuntungan yang dapat diperoleh dari penggunaan TIK. Karena itu, membangun kesadaran dan meningkatkan partisipasi masyarakat akan manfaat TIK perlu dilakukan secara kolektif, simultan dan terus-menerus di setiap lapisan masyarakat. Peningkatan kesadaran ini dilakukan melalui penyelenggaraan aktivitas seperti seminar, kampanye melalui media massa, focus group discussion, konsultasi partisipatif, dan lain-lain. Di tingkat masyarakat pengguna, peningkatan kesadaran ini dapat dilakukan melalui pertemuan dengan masyarakat desa (open community meeting) yang dilakukan sejak awal.
Pemerintah Kota Denpasar, dengan bekerja sama dengan pihak swasta dan perguruan tinggi terkait, telah menyelenggarakan seminar-seminar yang terkait dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk berbagai bidang, seperti pendidikan, pertanian, perindustrian dan perdagangan.


Referensi:

http://www.bps.go.id/brs_file/kemiskinan_02jan12.pdf

http://id.wikipedia.org/wiki/Kemiskinan

http://www.anneahira.com/masalah-kemiskinan.htm

http://marx83.wordpress.com/2008/07/05/upaya-penanggulangan-kemiskinan/

http://www.denpasarkota.go.id/main.php?act=i_opi&xid=51

Saya mengucapkan terima kasih setulus-tulus kepada para blogger dan penulis yang secara tidak langsung mengizinkan saya untuk mengambil ilmu dari tulisannya. Mohon maaf jika saya menambahkan beberapa pendapat saya. Mohon maaf juga jika terdapat banyak kekurangan pada tulisan saya J

-NINDYA KHAIRANI-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar