It's me!

Foto saya
ALLAH SWT-- tough; weak; strong; have a dream; have a choice; love a laugh; have a great family; have nice friends; have an ugly cat; pink; blue; beautiful colour; rain drops; sunshine; accounting; writting; STITCH; Fido Dido; and much more

Rabu, 11 Januari 2012

Akuntansi dan Laporan Keuangan

#Definisi#

Akuntansi adalah pengukuran, penjabaran, atau pemberian kepastian mengenai informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak dan pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahaan, organisasi, dan lembaga pemerintah. Akuntansi adalah seni dalam mengukur, berkomunikasi dan menginterpretasikan aktivitas keuangan. Secara luas, akuntansi juga dikenal sebagai “bahasa bisnis”. Akuntansi bertujuan untuk menyiapkan suatu laporan keuangan yang akurat agar dapat dimanfaatkan oleh para manajer, pengambil kebijakan, dan pihak berkepentingan lainnya, seperti pemegang saham, kreditur, atau pemilik. Pencatatan harian yang terlibat dalam proses ini dikenal dengan istilah pembukuan. Akuntansi keuangan adalah suatu cabang dari akuntansi dimana informasi keuangan pada suatu bisnis dicatat, diklasifikasi, diringkas, diinterpretasikan, dan dikomunikasikan. Auditing, satu disiplin ilmu yang terkait tapi tetap terpisah dari akuntansi, adalah suatu proses dimana pemeriksa independen memeriksa laporan keuangan suatu organisasi untuk memberikan suatu pendapat atau opini – yang masuk akal tapi tak dijamin sepenuhnya – mengenai kewajaran dan kesesuaiannya dengan prinsip akuntansi yang berterima umum.

Praktisi akuntansi dikenal sebagai akuntan. Akuntan bersertifikat resmi memiliki gelar tertentu yang berbeda di tiap negara. Contohnya adalah Chartered Accountant (FCA, CA or ACA), Chartered Certified Accountant (ACCA atau FCCA), Management Accountant (ACMA, FCMA atau AICWA), Certified Public Accountant (CPA), dan Certified General Accountant (CGA). Di Indonesia, akuntan publik yang bersertifikat disebut CPA Indonesia (sebelumnya: BAP atau Bersertifikat Akuntan Publik).

#Fungsi Akuntansi#

Setiap sistem utama akuntansi akan melaksanakan lima fungsi utamanya yaitu

a. Mengumpulkan dan menyimpan data dari semua aktivitas dan transaksi perusahaan

b. Memproses data menjadi informasi yang berguna pihak manajemen.

c. Memanajemen data-data yang ada kedalam kelompok-kelompok yang sudah ditetapkan oleh perusahaan.

d. Mengendalikan kontrol data yang cukup sehingga aset dari suatu organisasi atau perusahaan terjaga.

Penghasil informasi yang menyediakan informasi yang cukup bagi pihak manajemen untuk melakukan perencanaan, mengeksekusi perencanaan dan mengkontrol aktivitas.

#Pihak-pihak yang berkepentingan#

⃰ Manajemen

Manajemen ialah sekelompok orang dalam organisasi yang mempunyai tanggung jawab sepenuhnya dalam mencapai tujuan organisasi tersebut. Semua level manajemen selalu menggunakan informasi akuntansi, yaitu:

1. Mengukur profitabilitas usaha, yaitu kemampuan usaha untuk menghasilkan laba.

2. Mengukur likuiditas, yaitu kemampuan usaha untuk membayar hutangnya

3. Mengukur tingkat efisiensi, yaitu dikeluarkan sudah wajar/ memperolah output yang optimal

4. Apakah harta benda perusahaan terjaga dengan aman

*Investor dan Calon Investor

Investor ini ialah orang yang menanam modalnya dalam suatu usaha yang dapat berupa saham-saham, obligasi dll. Investor dan calon investor biasanya sangat membutuhkan informasi akuntansi untuk mengetahui berapa laba yang akan diterima, dan apakah investasinya ditambah atau ditarik dari perusahaan.

*Kreditor dan Calon Kreditor

Kreditor adalah orang yang member pinjaman kepada perusahaan dan sebagai imbalan adalah bunga/ bagi hasil. Bagi kelompok ini laporan keuangan perlu dalam rangka mengetahui apakah perusahaan mampu mengembalikan pinjamannya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan dan apakah harta perusahaan cukup untuk menjamin kredit tersebut.

*Fiskus/ Petugas Pajak

Kelompok ini menentukan dan menghitung pajak atau menyidik pajak dengan melihat laporan keuangan, yang mana dalam laporan keuangan diketahui berapa laba bersih perusahaan.

*Lembaga Pemeriksaan Keuangan

Beberapa Lembaga Pemeriksa Keuangan di Indonesia, seperti Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) & inspektorat, memanfaatkan informasi keuangan ini dalam rangka pelaksanaan pemeriksaan yaitu: apakah yang dilaporkan sesuai dengan keadaan yang sesungguhnya?

*Serikat Kerja/ Karyawan

Bagi serikat kerja karyawan informasi keuangan berguna untuk mengetahui apakah tempat kerja cukup terjamin di masa yang akan datang. Bila tidak, para pekerja ingin mencari tempat kerja yang lebih terjamin. Disamping itu, laporan keuangan dapat digunakan untuk perhitungan bonus.

#Laporan Keuangan (Financial Statement)#

*Pengertian

Laporan keuangan merupakan ringkasan dari suatu proses pencatatan, yaitu ringkasan transaksi-transaksi keuangan yang terjadi selama tahun buku. Laporan Keuangan dibuat oleh Manajemen bertujuan untuk mempertanggungjawabkan tugas-tugas yang dibebankan pemilik kepadanya. Penyusun laporan keuangan biasanya dilakukan sekali dalam setahun, tetapi dapat disusun secara bulanan, Tri Wulan, atau Semester yang disebut Laporan Keuangan Intern.

*Isi Laporan Keuangan

1.Laporan laba/rugi adalah suatu ikhtisar pendapatan dan beban selama periode waktu tertentu.
2. Laporan ekuitas pemilik adalah suatu ikhtisar perubahan ekuitas pemilik yang terjadi selama periode waktu tertentu.
3.Laporan neraca adalah suatu daftar aktiva, kewajiban dan ekuitas pemilik pada tanggal tertentu, biasanya pada akhir bulan atau akhir tahun.
4.Laporan Arus Kas adalah suatu ikhtisar penerimaan kas dan pembayaran kas selama periode waktu tertentu.

*Bentuk Laporan Keuangan

A. Laporan Laba – Rugi
Merupakan laporan sistematis tentang penghasilan, biaya dan rugi- laba yang diperoleh perusahaan selama periode tertentu (biasanya satu tahun). Bentuk laporan rugi – laba terdiri dari:
a. Bentuk Singgle Step; yaitu penyusunan laporan rugi – laba yang dilakukan dengan membandingkan total pendapatan dengan total biaya.
b. Bentuk Multiple Step; yaitu penyusutan laporan rugi – laba yang dilakukan secara bertahap.

B. Laporan Perubahan Modal
Merupakan laporan yang menyajikan tentang perubahan modal yang terjadi selama satu periode. Pada perusahaan perseroan (PT) disebut laporan laba ditahan.

C. Neraca
Merupakan laporan sistematis tentang aktiva, hutang dan modal suatu perusahaan pada waktu tertentu. Bentuk neraca terdiri dari:
a. Bentuk Scontro (Account Form); yaitu neraca yang disusun secara sebelah – menyebelah, dimana sebelah kiri/ debet untuk aktiva sedangkan sebelah kanan/kredit untuk hutng dan modal.
b. Bentuk Stafel (Report Form); yaitu neraca yang disusun dari atas ke bawah, yaitu dengan urutan aktiva, hutang kemudian modal.

D. Laporan Arus Kas
Yaitu laporan sistematis tentang aliran kas masuk dan kas keluar (termasuk sumber-sumber dan penggunaannya) yang terjadi pada suatu periode tertentu.

*Tujuan Laporan Keuangan

Tujuan laporan keuangan adalah menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja serta perubahan posisikeuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi sejumlah besar pemakai dalam pengambilan keputusan ekonomi. Disamping itu, laporan keuangan juga bertujuan menunjukkan apa sdaja yang telah terjadi yang dilakukan manejemen sehubungan dengan sumber daya yang dipercayakan kepadanya, agar para pengguna laporan keuangan dapat mengambil keputusan dalam hal investasi, penjualan saham atau penggantian manejemen untuk tahap selanjutnya. Sebagai dasar penentuan pengambilan keputusan ekonomi yang sesuai dengan kepentingannya. Pada intinya tujuan laporan keuangan adalah untuk:

  1. memberikan informasi kas mengenai posisi keuangan perusahaan
  2. memberikan informasi keuangan mengenai hasil usaha perusahaan
  3. memberikan laporan dan interpretansi kondisi dan potensi perusahaan

Saya mengucapkan terima kasih untuk bapak/ibu/kakak yang secara tidak langsung telah mengizinkan saya untuk mengcopy data yang saya butuhkan untuk tugas ini J


DAFTAR PUSTAKA

Amri, Nasrul. Pengantar Akuntansi. 2000. Jakarta. LM Patra.

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/01/definisi-dan-fungsi-akuntansi/

1 komentar: