It's me!

Foto saya
ALLAH SWT-- tough; weak; strong; have a dream; have a choice; love a laugh; have a great family; have nice friends; have an ugly cat; pink; blue; beautiful colour; rain drops; sunshine; accounting; writting; STITCH; Fido Dido; and much more

Selasa, 10 Januari 2012

Manajemen Keuangan Perusahaan

Manajemen Keuangan adalah segala kegiatan manajemen yang berkaitan dengan aktifitas mencari dana dengan biaya seefisien mungkin dan aktifitas menggunakan dana seefektif mungkin. Ada 3 keputusan manajer keuangan yang berkaitan dengan kegiatannya yaitu:

* Keputusan pembelanjaan (Financing)

* Keputusan Pembiayaan (Investasi)

* Kebijakan Deviden (Deviden Policy)

Peran dan Tanggung jawab Manajer Keuangan

Manajer Keuangan mempunyai tanggung jawab yang besar terhadap apa yang

telah dilakukannya. Ada pun keputusan keuangan yang menjadi tanggung jawab manajer keuangan dikelompokkan ke dalam tiga (3) jenis:

1. Mengambil keputusan investasi (investment decision)

Menyangkut masalah pemilihan investasi yang diinginkan dari sekolompok kesempatan yang ada, memilih satu atau lebih alternatif investasi yang dinilai paling menguntungkan.

2. Mengambil keputusan pembelanjaan (financing decision)

Menyangkut masalah pemilihan berbagai bentuk sumber dana yang tersedia untuk melakukan investasi, memilih satu atau lebih alternatif pembelanjaan yang menimbulkan biaya paling murah.

3. Mengambil keputusan dividen (dividend decision)

Menyangkut masalah penentuan besarnya persentase dari laba yang akan dibayarkan sebagai dividen tunai kepada para pemegang saham, stabilitas pembayaran dividen, pembagian saham dividen dan pembelian kembali sahamsaham. Keputusan-keputusan tersebut harus diambil dalam kerangka tujuan yang seharusnya dipergunakan oleh perusahaan yaitu memaksimumkan nilai perusahaan. Nilai perusahaan adalah harga yang terbentuk seandainya perusahaan dijual. Apabila perusahaan “go public” maka nilai perusahaan ini akan dicerminkan oleh harga saham perusahaan tersebut. Dengan meningkatnya nilai perusahaan, maka pemilik perusahaan menjadi lebih makmur sehingga mereka menjadi lebih senang.

Perencanaan Keuangan

Pada perencanaan ini akan diambil Contoh sebagai berikut:

- Seberapa cepat pertumbuhan bisnis yang diharapkan?

- Bagaimana pertumbuhan keuangan Anda?

- Apakah pertumbuhan Anda terlalu lambat?

Contoh :

Rencana keuangan adalah meminjam Rp. 250.000.000,- dari investor ataupun perbankan, dengan tingkat suku bengan sebesar 14% per tahun, dalam rangka membiayai kebutuhan pemasaran (iklan & advertising), dan penambahan 2 unit mobil kantor.

Pinjaman ini akan dibayar melalui peningkatan arus kas perusahaan dalam jangka waktu 2 tahun.


DAFTAR PUSTAKA

http://lilissolehat.files.wordpress.com/2011/02/manajemen-keuangan.pdf

http://yoserizal.com/business-plan/bab-xiperencanaan-keuangan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar