It's me!

Foto saya
ALLAH SWT-- tough; weak; strong; have a dream; have a choice; love a laugh; have a great family; have nice friends; have an ugly cat; pink; blue; beautiful colour; rain drops; sunshine; accounting; writting; STITCH; Fido Dido; and much more

Kamis, 04 Juli 2013

Tips Kesehatan: Air Minuman

Minum bukan hanya melepaskan dahaga, tapi juga berguna untuk melawan kanker kandung kemih, jenis kanker yang banyak mencabut nyawa pria. Dengan banyak minum, entah itu air putih, kopi, susu, soda, sari buah, risiko terjangkit kanker bisa diperkecil. Menurut studi yang dilakukannya, pria yang meneguk 5 gelas minuman atau kurang dalam sehzri akan menerima resiko lebih besar 2 kali lipat dibandingkan dengan pria yang mengkonsumsi 8 gelas air sehari.

                       

Sedangkan pada pria yang minum sedikitnya 6 gelas air per hari, risiko terkena kanker kandung kemih hanya separuhnya. Para ilmuwan percaya bahwa banyak minum membuat frekuensi buang air makin sering dan itu berarti kandung kemih lebih sedikit terpapar oleh karsinogen atau substansi penyebab kanker. Akan makin baik bila dalam urin akan makin banyak terdapat pada perokok. Penelitian ini mendapati risiko terkena kanker kandung kemih pada perokok berat 4 kali lebih besar dibandingkan dengan yang tidak merokok.
           
Bagaimana bila kelebihan air?
kita semua tahu, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Tapi di pihak lain, kita disarankan untuk minum banyak air. Ada pertanyaan, apakah kita bisa kelebihan air? Menurut teori, kita memang bisa kelebihan air. Ada satu kondisi yang disebut water in-toxication dimana cairan tertimbun di otak, berkumpul di paru-paru. Para pelari marathon yang minum berlebihan selama lomba dapat berisiko mengembangkan kondisi ini, yang biasanya disertai dengan mual dan sulit bernafas. Tapi, hal ini sangat jarang terjadi dan diketahui hanya terjadi pada situasi yang sangat ekstrim.

Dalam kebanyakan situasi, ginjal itu sangat efisien, jika anda minum lebih dari yang diperlukan, anda bisa mengeluarkan kelebihannya tanpa menimbulkan bahaya.
                       
Biasanya kita jauh lebih sering kurang mendapatkan kecukupan air. Standar yang dianjurkan adalah, kita harus minum antara 1,5 liter hingga 2 liter cairan setiap hari. Jumlahnya jadi lebih banyak jika anda olahraga, memberikan ASI atau berada di lingkungan yang kering dan panas. Sebagai patokan, tambahkan 0,5 liter untuk setiap setengah jam jika anda olahraga.

Tulisan ini diambil dari buku yang berjudul "tips kesehatan" (penulis:Ernes, penerbit: Restu Agung,Jakarta)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar