It's me!

Foto saya
ALLAH SWT-- tough; weak; strong; have a dream; have a choice; love a laugh; have a great family; have nice friends; have an ugly cat; pink; blue; beautiful colour; rain drops; sunshine; accounting; writting; STITCH; Fido Dido; and much more

Kamis, 04 Juli 2013

Tips Kesehatan: Antioksidan

   Antioksidan merupakan zat yang mampu memperlambat atau mencegah proses oksidasi. Antioksidan berguna untuk mengkal radikal bebas yang terdapat di tubuh. Banyak makanan dan minuman yang mengandung zat antioksidan. Berikut beberapa diantaranya:


STRAWBERRY
Strawberry tidak hanya dikenal sebagai buah yang banyak mengandungvitamin C namun penelitian terakhir membuktikan bahwa buah ini mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Kandungan antioksidan yang ada dalam buah ini sama banyaknya dengan antioksidan yang ada pada jambu biji, melebihi jeruk,melebihi anggur, dan masih banyaj lagi.

Perlu diketahui bahwa antioksidan adalsh unsur yang mengikat sel-selradikal bebas yang bertebaran di dalam tubuh penyebab rusaknya sel-sel sebelum waktunya. Selain itu radikal bebas dapat menyebabkan penggumpalan darah di sel-sel pembuluh darah halus. Data terakhir menyebutkan bahwa sel radikal bebas dicurigai sebagai penyebab tumbuhnya sel kanker.


TEH
TEH
Jika anda termasuk peminum teh. Coba secara perlahan mengganti teh yang biasa diminum dengan teh rasa aneka buah yang banyak dijual di pasar-pasar swalayan. Teh rasa buah yangkadar kafeinnya telah dibuang terbukti mengandung antioksidan yang bisa menetralisir sel-sel radikal bebas yang memiliki efek buruk terhadap kesehatan sel-sel tubuh manusia.


ASPARAGUS

ASPARAGUS
Asparagus yang dilalap atau dimasak sangat baik bagi kesehatan tubuh, karena mengandung antioksidan yang dapat membubuh sel radikal bebas penyebab kanker. Enzim glutathione yang kaya antioksidan dalam asparagus tidak akan rusak jika dimasak dalam air mendidih kurang darilima menit sehingga kadar antioksidannya tetap ketika dimasak.



Tulisan ini diambil dari buku tips kesehatan (penulis:Ernes, penerbit: Restu Agung,Jakarta)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar