It's me!

Foto saya
ALLAH SWT-- tough; weak; strong; have a dream; have a choice; love a laugh; have a great family; have nice friends; have an ugly cat; pink; blue; beautiful colour; rain drops; sunshine; accounting; writting; STITCH; Fido Dido; and much more

Selasa, 09 Juli 2013

Tips Kesehatan: Mulut Kering




Para dokter sering menganggap mulut kering adalah hal biasa, apalagi jika yang dialami orang usia tengah baya. Padahal, mulut kering bisa disebabkan oleh efek samping obat atau penyakit lain yang menyebabkan kelainan di mulut.

Problema mulut kering bukanlah suatu hal yang dianggap lumrah karena air liur yang biasanya di dalam mulut mempunyai fungsi yang cukup penting untuk kesehatan. Antara lain, memperlancar masuknya makanan ke dalam perut, membunuh kuman-kuman yang terdapat di dalam mulut, membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan dan berperan penting dalam pengecapan makanan.

Oleh karena itu gangguan mulut kering yang biasa disebut xerostomia tidak bisa dianggap sebagai penyakit ringan. Para dokter di Amerika sekarang menganjurkan agar mereka yang mengalami mulut kering, jangan ragu-ragu memeriksakan diri ke dokter. Jika penyebabnya ternyata efek samping dari obat-obatan, maka dokter akan menggantinya dengan obat yang lain. Jika penyebabnya merupakan gangguan mulut, maka dokter akan memberi resep obat yang dapat memperbanyak produksi air liur.

Jika anda belum sempat pergi ke dokter, untuk sementara anda bisa mencegahnya dengan cara berikut:
1.     Minum air sesering mungkin.

2.     Isap permen karet sugar-free. Hindari permen yang mengandung lemon, permen tersebut akan membuat air liur menjadi asam dan meningkatkan kemungkinan rusak gigi.

3.     Kunyah permen karet sugar-free, karena permen karet yang mengandung xylitol bisa membantu mengurangi keberadaan bakteri.

4.     Bernapaslah melalui hidung, jangan lewat mulut.

5.     Tanyakan kepada dokter anda mengenai obat yang bisa meningkatkan produksi air liur.

Tulisan ini diambil dari buku berjudul “tips kesehatan” (penulis:Ernes, penerbit: Restu Agung,Jakarta)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar