It's me!

Foto saya
ALLAH SWT-- tough; weak; strong; have a dream; have a choice; love a laugh; have a great family; have nice friends; have an ugly cat; pink; blue; beautiful colour; rain drops; sunshine; accounting; writting; STITCH; Fido Dido; and much more

Senin, 08 Juli 2013

Tips Keshatan: Pepaya

Pepaya adalah jenis buah tanpa mengenal musim dan mudah ditemukan setiap saat di pasaran. Hampir semua bagiantanaman papaya bermanfaat bagi kehidupan dan kesehatan manusia. Digunakan sebagai obat tradisional penyembuh beberapa penyakit sekaligus pemelihara kesehatan tubuh.

Daun Muda
Daun muda (pucuk) papaya, sering disajikan sebagai lalap mentah, yang bermanfaat menambah nafsu makan, mengandung sumber vitamin A, menyembuhkan penyakit beri-beri, bahkan mujarab sebagai obat sakit malaria, kejang perut, maupun sakit panas. Bagi penderita malaria dan kejang perut dapat diobati dengan cara meminum air sari daun papaya yang sebelumnya ditumbuk halus dan diperas.


Akar
Rebusan air akar papaya, bila diminum bermanfaat membinasakan cacing kremi, mengobati sakit ginjal, dan kandung kemih. Sedangkan rebusan akar papaya gandul yang dicampur dengan arak dan kayu putih, kemudian dioleskan pada tulang-tulang yang sakit dapat mengobati sakit persendian tulang.

Buah Pepaya
Paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat baik papaya yang matang maupun muda. Mengkonsumsi buah yang sudah matang berkhasiat membantu pencernaan, memberikan jumlah vitamin dan mineral yang dibuthkan tubuh tiap hari. Mengusir cacing dalam usus serta mencegah pembentukan batu dalam kandung kemih.

Ramuan buah masak dicampur kuning telur rebus berguna sebagai obat radang mulut (stomatitis), hati yang kurang berfungsi, bisul, kekurangan ASI bagi ibu-ibu, ingatan yang lemah dan meningkatkan daya tahan tubuh. Pepaya masak dicampur dengan madu mujarab untuk mengatasi gangguan saluran air seni, berbagai gangguan jantung, hati, otak, urat syaraf, darah wasir, dan sembelit.

Pepaya dicampur dengan susu dan madu dapat mendorong pertumbuhan badan anak-anak, wanita hamil, dan yang sedang menyusui. Penderita sembelit atau proses pengeluaran sisa pencernaan lambat, sulit atau keras, cukup diobati dengan mengkonsumsi seiris buah papaya masak setiap sarapan pagi. Gangguan pencernaan atau terhalangnya fungsi pencernaan atau kegagalan perut dalam menerima makanan, dapat disembuhkan dengan makan kontinyu buah papaya masak sebagai pencuci mulut.

Sementara jerawat, dapat diobati dengan sari buah papaya masak sebanyak 3 sendok makan ditambah 1 sendok makan sari jeruk kesturi, kemudian dimaskerkan pada wajah selama 90 menit, kemudian cuci muka dengan air hangat.

Pepaya kaya dengan serat, vitamin C, karotenoid, perokok dianjurkan untuk mengonsumsi papaya, karena diyakini dapat mengurangi resiko kanker paru-paru. Sebuah papaya ukuran sedang per hari diharapkan bisa menangkal racun radikal bebas yang berasal dari asap rokok.

Kanker usus besar, kandung empedu, kanker pancreas dan kanker payudara, juga bisa dikurangi resikonya dengan mengonsumsi papaya secara teratur. Vitamin C alami yang dikandung papaya, juga dapat membantu meningkatkan kesuburan. Karena vitamin C sangat diperlukan untuk menjaga kualitas air mani dan sperma pada pria. Bukti dari penelitian, vitamin C dapat memperbaiki sperma yang meah, kurang gesit, dan pendek usia.

Cara terbaik menikmati pepaya adalah dengan memotong kotak-kotak, bubuhi perasan jeruk nipis atau lemon, tambahkan serutan es. Pepaya juga cocok untuk campuran rujak, salad, es buah hingga es krim. Ada juga yang menjadikan papaya sebagai campuran untuk masakan.

Tulisan ini diambil dari buku berjudul “tips kesehatan” (penulis:Ernes, penerbit: Restu Agung,Jakarta)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar